• Jln. Kebo Iwa No 35 Denpasar
  • 0361420940
  • info@padangsambiankaja.desa.id
INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Padangsambian Kaja

Satgas Penanganan COVID-19 Desa Padangsambian Kaja Lakukan 3T

18 Juli 2021 Ngurah Ketut Hariadi, S.Kom Berita Desa
Satgas Penanganan COVID-19 Desa Padangsambian Kaja Lakukan 3T

Semenjak diberlakukannya PPKM Mikro, Satgas Penanganan COVID-19 Desa Padangsambian Kaja yang dikendalikan melalui Posko Penanganan COVID-19 Desa Padangsambian Kaja melakukan penguatan kinerja penanganan COVID-19 dengan melakukan 3T, yaitu Tracing, Testing, dan Treatment. Setiap data dan informasi kasus COVID-19 baik yang disuplai dari surveilance Puskesmas I Denpasar Barat akan ditindaklanjuti dengan melakukan tracing ke lokasi tinggal dan sekitar lokasi tinggal sekaligus memberikan edukasi kepada warga sekitar akan bahwa di sekitar tempat tinggalnya ada warga yang tekonfirmasi positif COVID-19 dan melakukan isolasi mandiri ataupun dirawat di fasilitas kesehatan. Tracing kontak diperlukan agar dapat lebih dini memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Hasil tracing kontak kemudian akan diinformasikan kembali ke pihak terkait untuk dilakukan testing (Swab PCR) kepada warga yang terindikasi kontak erat. Selain itu dilakukan juga treatment berupa disinfeksi lokasi tinggal dan sekitarnya, pemberian vitamin, dan/atau pemberian support logistik pangan bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri namun tidak dapat memenuhi kebutuhan pangannya selama masa isolasi. 

Treatment juga dilakukan dengan mengedukasi masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi. Satgas juga terus berupaya untuk memperluas jangkauan vaksinasi sehingga semakin banyak warga desa dan sekitarnya yang mendapatkan layanan vaksinasi. Sampai dengan medio Juli 2021, Satgas Penanganan COVID-19 Desa Padangsambian Kaja telah memfasilitasi vaksinasi COVID-19 kepada 6.220 warga untuk dosis pertama dan 521 warga untuk dosis kedua. 

Satgas Penanganan COVID-19 Desa dalam pelaksanaan tugas bermitra dengan Kepolisian RI, TNI, serta Puskesmas I Denpasar Barat dalam hal penanganan medis dan informasi data kasus, sehingga Posko Penanganan COVID-19 Desa Padangsambian Kaja juga disebut sebagai Posko Tangguh COVID-19 Desa Padangsambian Kaja. Kebutuhan pendanaan Satgas COVID-19 Desa Padangsambian Kaja dianggarkan dalam APB Desa Tahun 2021.

Belakangan memang terjadi peningkatan kasus terkonfirmasi positif di wilayah Desa Padangsambian Kaja dan secara umum memang terjadi peningkatan kasus di Kota Denpasar, namun untuk di wilayah Desa Padangsambian Kaja masih tergolong terkendali dan dapat tertangani dengan kerjasama yang baik antar semua pihak termasuk warga desa. Sampai saat ini belum ditemukan penularan di wilayah permukiman warga yang terkonfirmasi positif yang melakukan isolasi mandiri, serta belum sampai ditemukan warga yang kesulitan pangan selama isolasi.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui oleh Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar